Jika Anda ingin mengubah pola makan menjadi lebih sehat, ada banyak cara yang dapat dilakukan. Salah satunya adalah dengan mengambil inspirasi dari Blue Zone, yaitu lima wilayah di dunia dengan konsentrasi centenarian tertinggi.

Orang-orang di Blue Zone memiliki pola makan yang sangat sehat, yang terdiri dari makanan-makanan segar dan alami. Beberapa daerah di Blue Zone, seperti Sardinia di Italia, Okinawa di Jepang, dan Nicoya di Kosta Rika, memiliki pola makan yang sangat mirip dengan diet Mediterania, yang terkenal sehat dan kaya akan nutrisi.

Untuk lebih detailnya tentang jenis-jenis makanan bisa membuat umur panjang simaklah uraian berikut ini ;

Konsumsi Biji-bijian Utuh

Biji-bijian utuh adalah salah satu makanan yang sering dikonsumsi oleh orang-orang di Blue Zone, seperti Sardinia dan Ikaria. Menurut American Journal of Lifestyle Medicine, biji-bijian utuh memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan kita.

Biji-bijian utuh, seperti gandum, quinoa, beras merah, farro, dan roti gandum, mengandung banyak serat, vitamin, dan mineral. Konsumsi biji-bijian utuh secara teratur dapat membantu mengatur gula darah dan menurunkan kolesterol. Biji-bijian utuh juga diketahui dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2.

Selain itu, biji-bijian utuh dapat membantu menjaga berat badan yang sehat karena kandungan seratnya yang tinggi, sehingga membuat kita merasa kenyang lebih lama. Biji-bijian utuh juga dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan dan mencegah sembelit.

Alpukat

Masyarakat Loma Linda dikenal sebagai pemakan makanan vegetarian yang sebagian besar penuh dengan makanan sehat. Salah satu makanan pokok yang mereka konsumsi adalah alpukat. Ternyata, alpukat memiliki banyak manfaat kesehatan yang sangat baik.

Alpukat diketahui dapat membantu menurunkan berat badan serta mengurangi risiko obesitas dan diabetes tipe 2. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa alpukat dapat membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular karena kandungan lemak sehatnya yang tinggi.

Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal (MUFA) yang baik untuk kesehatan jantung. Lemak ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik). Alpukat juga kaya akan serat, vitamin, dan mineral, yang baik untuk kesehatan pencernaan dan kesehatan umum tubuh.

Kacang Hitam

Ternyata kacang merupakan makanan yang cukup populer di wilayah Blue Zone, salah satunya adalah kacang hitam yang merupakan makanan sehari-hari di Ikaria, Yunani. Komunitas Nicoya di Kosta Rika juga menyukai kacang hitam dan mengonsumsinya bersama nasi dan tortila jagung.

Kacang hitam dikenal memiliki banyak serat dan antioksidan yang dapat membantu mengelola diabetes, mencegah kanker, dan menurunkan risiko penyakit jantung. Dengan kandungan nutrisinya yang melimpah, tak heran jika kacang hitam menjadi salah satu makanan pokok yang dipilih oleh masyarakat Blue Zone untuk memelihara kesehatan tubuh mereka.

Bawang Putih

Di Kota Yunani, tepatnya di Ikaria, masyarakat setempat mengambil bawang putih sebagai salah satu kunci untuk hidup panjang dan sehat. Rempah yang telah diwarisi selama berabad-abad ini memiliki banyak manfaat kesehatan yang telah terbukti secara ilmiah.

Selain meningkatkan rasa makanan yang luar biasa, bawang putih juga telah terbukti mempercepat penyembuhan dan mempersingkat waktu sakit seseorang. Dilaporkan oleh Antioxidants, bawang putih memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat membantu melawan kanker, diabetes, dan penyakit kardiovaskular tertentu.

Dari dapur Ikaria hingga ke seluruh dunia, bawang putih terus memikat kita dengan kekuatannya yang menyehatkan dan mempromosikan gaya hidup sehat yang seimbang.

RSS
Follow by Email
FbMessenger