Cara Berpuasa Bagi Penderita Asam Lambung

Cara puasa lancar untuk penderita maag
Kiat tetap sehat Puasa untuk penderita asam urat

Berpuasa merupakan ibadah yang dijalankan oleh umat muslim pada bulan Ramadan. Namun, bagi penderita asam lambung, menjalankan puasa bisa menjadi tantangan tersendiri karena bisa memperburuk kondisi kesehatannya. Asam Lambung ( GERD ) bisa saja semakin sakit rasanya, bila penderita-nya berpuasa tanpa treatment khusus.

 Oleh karena itu, diperlukan penanganan yang tepat agar puasa tetap bisa dilakukan tanpa mengganggu kesehatan. Berikut adalah beberapa cara berpuasa yang aman bagi penderita asam lambung.

Untuk lebih lengkapnya silahkan simak uraian berikut ini :

Jangan Lupakan Sahur

Untuk menjaga lancarnya puasa saat Ramadan, tidak ada yang lebih penting dari sahur yang cukup. Ini bukan hanya untuk mempersiapkan tubuhmu dengan energi selama berpuasa, tetapi juga untuk mencegah rasa lapar di tengah hari.

Namun, jangan sampai kamu menghabiskan semua makanan di meja saat sahur, apalagi yang mengandung lemak tinggi. Selain membuat perutmu kembung dan tak nyaman, makan terlalu banyak juga bisa menyebabkan masalah pencernaan seperti diare. Bahkan, risiko naiknya asam lambung ke kerongkongan pun meningkat.

Sebaiknya, hindari tidur langsung setelah sahur. Kebiasaan ini bisa meningkatkan sekresi asam lambung, yang memperlambat proses pencernaan dan membuatmu lapar saat bangun tidur. Jadi, pastikan kamu menikmati makanan sahurmu dengan santai dan beri waktu untuk mencerna sebelum kembali tidur.

Hindari Makanan Dengan Keasaman dan Gas Tinggi

Puasa dapat memperburuk sakit maag jika tidak hati-hati dalam memilih makanan. Beberapa makanan sebaiknya dihindari agar perut tetap nyaman selama berpuasa.

Makanan asam, seperti tomat, sebaiknya dihindari karena dapat meningkatkan keasaman lambung dan memperparah sakit maag. Begitu juga dengan sayuran seperti kol, sawi, dan brokoli yang dapat meningkatkan produksi gas dalam perut dan memperburuk gejala sakit maag.

 Makanan pedas dan berlemak juga perlu dihindari karena dapat meningkatkan nyeri pada lambung yang sudah sensitif akibat sakit maag. Meskipun makanan pedas tidak langsung menyebabkan sakit maag, namun konsumsi makanan pedas dapat memicu dan memperparah gejala sakit maag dengan merusak lapisan mukosa lambung.

Utamakan Konsumsi Makanan Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat merupakan sumber energi yang penting bagi tubuh. Namun, tidak semua jenis karbohidrat memiliki efek yang sama pada tubuh kita. Karbohidrat sederhana, seperti gula, dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang cepat dan membuat kita merasa lapar lagi dalam waktu singkat. Itulah mengapa, disarankan untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks yang dapat membuat kamu kenyang lebih lama.

Karbohidrat kompleks terdiri dari molekul yang lebih besar dan kompleks, sehingga membutuhkan lebih banyak waktu untuk dicerna dan diserap oleh tubuh. Ini berarti bahwa gula darah akan naik perlahan dan bertahan lebih lama, memberikan energi yang stabil untuk tubuh kita.

Beberapa contoh karbohidrat kompleks yang sehat dan lezat adalah kentang, pisang, beras merah, dan oatmeal. Karena kandungan seratnya yang tinggi, karbohidrat kompleks ini dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan memenuhi kebutuhan energi tubuh kita.

Jangan Terburu-buru menyantap Hidangan Besar

Tips terakhir untuk penderita asam lambung/maag agar puasanya lancar adalah jangan terburu-buru menyantap Hidangan besar. Lebih baik minum segelas teh panas terlebih dahulu baru dilanjutkan camilan kecil seperti tahu dan tempe. Jangan terlalu terburu-buru memakan hidangan besar karena bisa menyebabkan beberapa keluhan perut. Pastikan juga untuk jangan terlalu rapat jarak antara makan dan tidur, idealnya jarak keduanya adalah 3 – 4 Jam.

RSS
Follow by Email
FbMessenger