Alasan Kenapa Berpuasa Malah Membuat Berat Badan Naik

Berat badan
Berat badan naik saat puasa

Bulan Ramadan adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam di seluruh dunia. Selain sebagai bulan suci untuk beribadah, Ramadan juga merupakan bulan yang tepat bagi para pelaku diet. Sebab, selama bulan ini, kita bisa berpuasa selama 12 jam lebih. Dalam kondisi tersebut, lemak yang tersimpan di dalam tubuh kita akan terbakar dan diolah menjadi energi untuk mempertahankan metabolisme.

Namun, sayangnya, tak sedikit orang yang kurang sukses dalam memanfaatkan bulan Ramadan untuk turun berat badan. Entah kenapa, berat badan mereka justru naik daripada turun. Mungkin karena terlalu banyak mengonsumsi hidangan lezat saat buka puasa, atau mungkin juga karena ketiadaan aktivitas fisik yang cukup.

Well, whatever it is, let’s make sure we use this precious opportunity to take care of our health!

Banyak Konsumen kalori Terlalu Tinggi

Bulan Ramadan adalah saat yang dinantikan oleh banyak orang, terutama oleh para pecinta takjil. Berbagai macam makanan mulai dari jajanan pasar, gorengan, hingga es yang menyegarkan tersedia di mana-mana untuk menemani buka puasa kita. Namun, setelah seharian menahan lapar, rasanya sulit untuk menolak segala godaan yang ada di depan kita.

Tapi perlu diingat bahwa tidak semua takjil itu sama. Banyak dari kita lebih memilih gorengan dan minuman sirop yang kalorinya lebih tinggi dibandingkan dengan makanan berat. Studi juga menunjukkan bahwa konsumsi makanan dan minuman selama bulan Ramadan meningkat daripada bulan biasanya, termasuk konsumsi makanan berlemak dan manis. Sehingga tidak heran jika banyak umat Islam mengalami kenaikan berat badan selama bulan Ramadan.

Untuk itu, kita perlu bijak memilih takjil yang sehat dan rendah kalori, seperti buah-buahan segar atau minuman tanpa gula. Kita juga dapat memilih alternatif makanan yang lebih sehat, seperti sayur-sayuran dan protein tanpa lemak. Dengan demikian, kita masih dapat menikmati beragam takjil yang lezat tanpa harus khawatir tentang kenaikan berat badan.

Balas dendam saat berbuka, tidak bisa menahan nafsu

Berbuka puasa memang selalu dinanti dengan penuh harap dan rasa lapar. Setelah seharian menahan diri, akhirnya kita bisa menyantap berbagai macam makanan dan minuman untuk mengisi perut yang kosong.

Tapi tahukah kamu, pandangan mata kita bisa mempengaruhi pilihan makanan kita. Saat melihat berbagai macam hidangan yang tersaji di meja, terkadang kita jadi tergoda untuk memasukkan semuanya ke dalam perut. Tak jarang, kegemukan pun datang menjemput.

Namun, jangan lupa bahwa dalam berbuka puasa, kita sebaiknya mengikuti tuntunan dari Rasulullah SAW yaitu makan dengan secukupnya. Sepertiga makanan, sepertiga air, dan sepertiga udara sudah cukup untuk mengisi perut kita. Ingatlah bahwa masih ada hari esok untuk mencicipi makanan yang ingin kamu nikmati.

RSS
Follow by Email
FbMessenger