Cara mendidik anak dengan konsep Mindful Parenting
Tutorial mengajar anak dengan konsep Mindful Parenting

Mindful Parenting adalah sebuah prinsip dalam mendidik anak yang mendorong para orang tua untuk lebih sadar dan fokus pada pengalaman saat ini bersama anak-anak mereka. 

Dengan mempraktikkan Mindful Parenting, orang tua dapat belajar untuk menjadi lebih terlibat dan berempati dengan kebutuhan anak-anak mereka, sehingga dapat membantu mereka mengembangkan rasa percaya diri, kepribadian yang sehat, dan keterampilan sosial yang baik.

Penasaran bagaimana caranya menerapkan prinsip Mindful Parenting ketika mendidik anak ? Simak uraian lengkapnya di sini.

Dengarkan Apa Yang Ingin Disampaikan Anak

Jika Bunda dan suami ingin menerapkan pola asuh mindful pada anak, maka kunci utamanya adalah mendengarkan. Sebagai orang tua, penting bagi kita untuk berbicara pada anak dengan empati dan memberikan ruang bagi mereka untuk merasa didengarkan. Ketika komunikasi berjalan dua arah, maka banyak masalah dapat terselesaikan dengan baik. Untuk mencapai efektivitas dalam berkomunikasi, orang tua perlu memastikan diri dalam kondisi tenang dan santai.

Salah satu caranya adalah dengan melakukan meditasi secara teratur. Dengan duduk tenang selama 5-30 menit setiap hari, orang tua dapat menciptakan ruang untuk memperhatikan diri sendiri dan membangun ketenangan batin. Hal ini juga membantu orang tua untuk tetap tenang saat berbicara dengan anak-anak mereka.

Jangan lupa untuk mengatur waktu dan tempat yang sama setiap hari agar meditasi menjadi rutinitas yang teratur dan mudah diikuti. Dengan menerapkan pola asuh mindful, orang tua dapat membantu anak-anak mereka tumbuh dan berkembang dengan baik.

Tidak Menjudge Anak

Terlalu sering orang tua memberikan label negatif seperti “anak nakal” atau “anak tidak bisa diatur”. Mungkin Anda pernah melakukannya?

Terutama saat orang tua sedang merasa tertekan, rasanya ingin melepas semua emosi pada anak. Namun, metode STOP (Stop, Take a breath, Observe, dan Proceed – Berhenti, Tarik napas, Amati, dan Proses) dapat membantu mengatasi situasi ini.

Kapan pun merasa stres, orang tua dapat menghentikan diri sejenak dan mengambil napas dalam untuk menenangkan pikiran. Ini akan membantu mengenali penyebab stres dan memproses ketenangan tubuh dan pikiran sebelum berbicara dengan anak. Dengan tidak menghakimi anak, orang tua dapat membantu membangun rasa percaya diri dan penghargaan diri yang positif pada anak, serta memperkuat hubungan orang tua-anak yang sehat dan positif.

Kontrol Emosi

Ketika berbicara dengan anak, orang tua harus menyadari betapa besar pengaruh mereka pada perilaku dan sikap anak. Anak-anak mengamati dan meniru segala hal yang orang tua lakukan, baik yang baik maupun buruk. Sebagai orang tua, kita tidak selalu bisa bertindak dengan sempurna. Namun, jika kita terus berusaha menjadi orang tua yang sempurna dengan standar yang terlalu tinggi, kita akan membebani anak dengan harapan yang tidak realistis dan membuat mereka kesulitan menerima kegagalan.

Untuk membantu anak berkembang secara positif, orang tua harus menerapkan pola asuh mindful. Dengan kesadaran penuh, orang tua dapat mengendalikan emosi dan mengetahui kesalahan yang mereka lakukan. Dengan begitu, orang tua dapat berusaha memperbaiki diri dan memberikan contoh yang baik bagi anak-anak mereka.

RSS
Follow by Email
FbMessenger